konsep Organik transistor

Pakar Peneliti di Perancis mengklaim telah membuat transistor pertama yang meniru sambungan dalam otak manusia. Perangkat, yang didasarkan pada pentacene dan emas nanopartikel, bisa menyebabkan generasi baru yang diilhami saraf komputer serta struktur buatan membantu menghubungkan ke jaringan biologis.
Dominique Vuillaume dari Universitas Lille dan rekannya mempelajari bagaimana muatan listrik mengalir melalui perangkat dan menemukan bahwa mereka berperilaku dalam cara yang sama seperti bahan kimia neurotransmiter yang bergerak melalui sambungan sinapsis dalam otak. "Ini adalah pertama kalinya bahwa sebuah perangkat elektronik telah ditunjukkan untuk meniru sinaps biologis," kata Vuillaume physicsworld.com.
Tim, yang mencakup ilmuwan dari CNRS (Ilmu Pengetahuan Nasional Perancis Agency) dan CEA (dalam Komisi Energi Atom Perancis), mulai dengan menambahkan nanopartikel emas ke antarmuka antara lapisan isolasi (gate dielectric) dan sebuah transistor organik yang terbuat dari pentacene. Mereka tetap yang nanopartikel, yang 5, 10 dan 20 nm diameter, ke sumber-drain saluran perangkat menggunakan teknik kimia permukaan dan menyelesaikan struktur dengan menutupnya dengan tebal 35 nm pentacene film. Perangkat yang dihasilkan disebut memori nanopartikel organik-efek medan transistor atau "NOMFET". Jangka pendek plastisitas
Sebuah sinaps biologis mengubah tegangan spike (aksi potensial) yang datang dari pra-sinaptik neuron menjadi pelepasan neurotransmiter kimia yang kemudian dideteksi oleh post-sinaptik neuron. Ini kemudian berubah menjadi duri baru, mengarah ke suksesi pulsa yang baik menjadi lebih besar atau mengurangi ukuran. Mendasar ini milik perilaku sinaptik dikenal sebagai plastisitas jangka pendek, yang terkait dengan jaringan saraf kemampuan untuk belajar. Plastisitas inilah yang Vuillaume dan koleganya telah berhasil meniru.
Dalam NOMFET, pra-sinaptik hanyalah sinyal tegangan pulsa diterapkan pada perangkat dan sinyal output adalah arus drain, menjelaskan Vuillaume. Lubang - pembawa muatan dalam tipe-p semikonduktor organik digunakan - terperangkap dalam nanopartikel dan bertindak seperti neurotransmiter. Sejumlah lubang terjebak untuk setiap panggilan masuk dan tegangan spike dalam ketiadaan pulsa, lubang lolos dalam hitungan detik
Kali ini penundaan itu dengan hati-hati disesuaikan dengan para peneliti dengan mengoptimalkan perangkat nanopartikel nomor dan geometri. "Output dari NOMFET dengan demikian dapat mereproduksi deceasing atau memperkuat perilaku khas dari sinaps tergantung pada frekuensi dari paku-paku," kata Vuillaume. Neuro-inspirasi
Teknik dapat digunakan untuk membangun perangkat nano neuro-terinspirasi komputer, ia menambahkan. "Otak manusia mengandung lebih banyak sinaps dari neuron dengan faktor dari 104 jadi kita perlu mengembangkan nano, berdaya rendah, sinaps-seperti perangkat jika kita ingin sirkuit untuk neuromorphic skala tingkat otak."
Meskipun jaringan saraf berdasarkan chip silikon telah dikembangkan dan digunakan dalam aplikasi tertentu, seperti pendekatan yang terbatas karena itu diperlukan setidaknya tujuh transistor untuk membangun satu sinaps elektronik. Dalam karya terbaru ini, pekerjaan yang sama dilakukan hanya dengan satu perangkat NOMFET.
Perangkat juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja komputasi jaringan saraf-sirkuit. Dan karena dipekerjakan Nanomaterials bekerja pada fleksibel, substrat plastik, mereka mungkin digunakan untuk menghubungkan sirkuit buatan neuromorphic berdasarkan NOMFET untuk "lunak" jaringan biologis, berspekulasi Vuillaume.

Responses to "konsep Organik transistor"

Write a comment